Lomba Hari Kemerdekaan

Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, SLB Negeri Banjar menyelenggarakan berbagai lomba 17 Agustus-an selama 2 hari, yaitu pada hari Rabu tanggal 15 Agustus dan hari Kamis tanggal 16 Agustus 2018. Kegiatan hari pertama dilaksanakan di lapangan sekolah, sedangkan kegiatan hari kedua dilaksanakan di aula SLB N Banjar.

Hari pertama, 15 Agustus 2018

Berbagai jenis lomba dipertandingkan di hari pertama, diantaranya; lomba makan kerupuk, lomba kait topi, lomba balap kelereng, lomba pukul air, lomba tiup bola pingpong, lomba jepit balon, lomba pindah bola, lomba joget tomat, lomba pukul terong, lomba estafet karet, lomba sepakbola moncong, dan lomba balap karung.

Perlombaan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SLB N Banjar dan disaksikan oleh para orangtua/ wali siswa yang memberikan support saat anak-anak bertanding. Sebagian besar lomba dibagi kedalam dua kategori yaitu kelas kecil dan kelas besar, kecuali lomba tiup bola pingpong, lomba estafet karet, dan lomba sepakbola moncong. Ketiga lomba tersebut hanya diikuti oleh siswa-siswi kelas besar.

Pembagian peserta lomba ditentukan oleh guru dengan melihat kondisi siswa-siswi SLB N Banjar. Perlombaaan berlangsung seru dan cukup menghibur penonton. Ada saja tingkah laku anak-anak yang mengundang tawa. Beberapa anak tampak sangat aktif mengikuti berbagai lomba, sementara ada anak lain yang pasif dan harus dibantu oleh guru untuk dapat menyelesaikan lomba.

Tidak semua lomba dapat diikuti oleh setiap kategori anak berkebutuhan khusus. Bagi anak tunanetra misalnya, lomba yang dapat diikuti lebih terbatas dibandingkan dengan anak berkebutuhan khusus dengan kategori lainnya karena sebagian besar lomba memerlukan kemampuan visual. Begitupun bagi anak tunadaksa, lomba yang dapat diikuti adalah lomba-lomba yang tidak memerlukan aktivitas gerak yang berlebihan. Walaupun demikian, mereka tampak antusias menyaksikan lomba dan memberikan semangat kepada teman-temannya yang mengikuti lomba.

Hari kedua, 16 Agustus 2018

Pada hari kedua, perlombaan dilaksanakan di Aula SLB N Banjar. Lomba-lomba yang dipertandingkan jumlahnya tidak sebanyak perlombaan yang diselenggarakan di hari pertama. Jenis perlombaannya pun bukan bersifat permainan seperti pada lomba di hari pertama, melainkan lomba yang lebih mengasah aspek kognitif.  Diantara lomba-lomba tersebut yaitu; lomba mewarnai/melukis, lomba membaca/menulis teks 

Proklamasi, lomba design grafis, dan lomba menyusun puzzle. Lomba mewarnai diikuti oleh siswa-siswi kelas kecil, kecuali bagi anak tunarungu dikutsertakan pada lomba melukis. Pada lomba membaca teks Proklamasi yang pesertanya merupakan anak tunarungu, maka digunakan bahasa isyarat. Lomba design grafis yang telah dilaksanakan sebelum hari perlombaan, hanya memajang hasil karya design grafis untuk diberikan penilaian oleh guru dan tenaga kependidikan dengan memberikan poin nilai. Terakhir adalah lomba menyusun puzzle lambang negara RI yaitu Burung Garuda. Perlombaan ini dipertandingkan secara tim. Terdapat 4 tim yang bertanding dan setiap tim terdiri dari 4 orang. Masing-masing tim saling beradu cepat untuk menyelesaikan puzzle Burung Garuda.

Masing-masing lomba yang dipertandingkan memperebutkan juara I, II, dan III. Sehingga dari total 12 mata lomba di hari pertama dan 4 mata lomba di hari kedua, pihak sekolah menyediakan hadiah sebanyak 48 buah yang masing-masing berbeda bagi juara I, II, dan III. Pengumuman juara sekaligus penyerahan hadiah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2018 setelah kegiatan upacara bendera.

Kemeriahan dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia diharapkan dapat memupuk jiwa nasionalisme bagi seluruh warga sekolah. Bagi anak-anak berkebutuhan khusus, mengenal hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu Hari Kemerdekaan, terlebih lagi turut aktif dalam kegiatan bermanfaat yang dapat menyehatkan jasmani dan rohani, bekerjasama dengan teman-temannya dalam berbagai lomba yang dipertandingkan, serta berpikir aktif dalam memecahkan persoalan dalam situasi lomba yang diikutinya, dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan fisik dan psikhis anak. Dasar dari pembelajaran bagi mereka adalah aktivitas dan kegiatan yang bermakna. MERDEKA!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *