Pertemuan Rutin Paguyuban Orangtua

Pada hari Rabu tanggal 12 September 2018, SLB Negeri Banjar mengadakan pertemuan rutin Paguyuban Orangtua. Pertemuan rutin ini dilaksanakan satu bulan sekali dan membahas berbagai wacana yang berkaitan dengan kegiatan sekolah. Pada pertemuan kali ini, hal khusus yang dibahas yaitu mengenai musyawarah kegiatan karyawista dan sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA).

Kegiatan karyawisata akan dilaksanakan pada bulan Oktober sesuai dengan kalender pendidikan yang telah dirancang sekolah. Berdasarkan hasil musyawarah antara pihak sekolah dan orangtua, telah diputuskan bahwa yang menjadi tujuan objek wisata adalah Karang Resik – Tasikmalaya. Hal yang menjadi pertimbangan yaitu jarak menuju objek wisata Karang Resik yang tidak terlalu jauh dari kota Banjar, namun cukup representatif untuk pengenalan lingkungan alam, bermacam-macam vegetasi tanaman, dan arena rekreasi yang menyenangkan bagi siswa.

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu mengenai Sekolah Ramah Anak (SRA). Sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah; bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri, dan nyaman. SLB Negeri Banjar merupakan salah satu SLB yang diundang dalam kegiatan soisalisasi SRA yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui wakasek kesiswaan SLB Negeri Banjar, sehingga perlu adanya sosialisasi SRA kepada orangtua siswa.

Beberapa poin penting dalam penyelenggraan SRA yaitu; tidak dibenarkannya kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya, membudayakan salam pagi, menciptakan kawasan bebas asap rokok di lingkungan sekolah, mencegah anak menjadi perokok dan pengguna NAPZA, menciptakan lingkungan bersih dan sehat, serta menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab dan berkualitas. Kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua melalui kegiatan sosialisasi SRA ini diharapkan dapat menyukseskan penyelenggaraan SRA di SLB Negeri Banjar yang secara teknis pelaksanaannya dibantu oleh tim satgas SRA yang telah dibentuk oleh pihak sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *