program keterampilan pilihan

      Program keterampilan pilihan yang dikembangkan di SLB Negeri Banjar adalah Kriya Kayu, Tata Boga, dan Tata Busana. Program keterampilan ini diperuntukkan bagi siswa/i jenjang pendidikan SMPLB dan SMALB, namun ada pengecualian bagi siswa/i jenjang SDLB yang usia kronologisnya masuk kategori remaja dan menunjukkan potensi untuk ikut serta dalam program keterampilan tersebut.

      Alokasi waktu untuk program keterampilan pilihan jenjang SMPLB perminggu yaitu 18 jam pelajaran atau berkisar 45% dari seluruh jam pelajaran, sedangkan program keterampilan pilihan jenjang SMALB perminggu yaitu 24-26 jam pelajaran atau berkisar 55-57% dari seluruh jam pelajaran.

Pengampu : Dedi Nurwandi, S.Pd

Kriya Kayu

Siswa yang mengikuti program keterampilan kriya kayu pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 5 orang yang merupakan siswa SMPLB C, SMALB C dan SMALB B, serta tambahan satu orang siswa SDLB B yang telah berusia remaja. Produk keterampilan kriya kayu yang dikembangkan di SLB Negeri Banjar yaitu: puzzle 3D, kaligrafi, papan nama, nomer rumah, wedding kit, dan produk lain sesuai permintaan konsumen. Puzzle 3D dan kaligrafi bahkan mampu terjual 50 pcs untuk memenuhi pesanan Walikota Banjar pada saat SLB Negeri Banjar membuka stand dalam acara HUT Kota Banjar

Pengampu: Dede Hernawati, S.Pd

Tata Boga

Siswa yang mengikuti program keterampilan tata boga pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 14 orang yang merupakan siswa/i SMPLB C. Keterampilan tata boga yang dikembangkan di SLB Negeri Banjar menghasilkan produk makanan dan pengemasan makanan ringan. Produk makanan yang dijual diantaranya: lumpia gulung, agar-agar, jus buah, kue bolu, donat dan aneka macam gorengan. Pemasaran produk keterampilan tata boga masih terbatas di lingkungan sekolah.

Pengampu: Intan Rachmawaty, S.Ds

Tata Busana

Siswa yang mengikuti program keterampilan tata busana pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 5 orang yang merupakan siswa/i SMPLB B dan SMALB B. Produk keterampilan tata busana yang dikembangkan di SLB Negeri Banjar yaitu: bros, celemek, baju, dan produk lain. Hasil produk keterampilan tata busana digunakan untuk kegiatan di lingkungan sekolah, serta dapat melayani pembuatan produk sesuai permintaan konsumen.

Pengampu: Dadang Susilo, S.Pd

Massage

Siswa yang mengikuti program keterampilan massage pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 1 orang yang merupakan siswa SMPLB A.